Pemula Wajib Tau! Ini 20+ Istilah di Mobile Legends yang Sering Digunakan

 Artikel

 Hot

Pemula Wajib Tau! Ini 20+ Istilah di Mobile Legends yang Sering Digunakan

25 September 2022 | by Contributor Upoint

Mobile Legends adalah salah satu game MOBA yang saat ini sangat populer di Indonesia. Di dalam game ini, ada banyak istilah yang sebaiknya kamu ketahui jika kamu masih pemula.

Nah, di artikel kali ini, UPOINT.ID akan membahas beberapa istilah di Mobile Legends yang sering digunakan oleh setiap player. Mau tau apa aja istilahnya? Langsung simak artikel berikut ya!

Istilah-istilah yang Ada di Mobile Legends

1. AFK

AFK adalah singkatan dari Away From Keyboard. AFK sendiri memiliki arti meninggalkan permainan saat pertandingan sedang berlangsung.

Player yang melakukan AFK tentunya akan mendapatkanm hukuman karena AFK sendiri adalah tindakan yang dilarang.

2. META

Description
Pernah dengar istilah META? META adalah singkatan dari Most Effective Tactics Available yang memiliki arti strategi atau taktik yang paling efektif untuk memenangkan permainan.

META sendiri sering berubah-ubah tergantung dari Patch terbaru dari Mobile Legends.

3. Buff dan Nerf

Pastinya kamu pernah dengar dong istilah buff dan nerf? Misalnya ada player yang bilang "Ban Ling, lagi di-buff dia" atau "Nggak usah pick Wanwan, udah Nerf", pernah dengar atau lihat?

Nah, apa sih Buff dan Nerf itu? Buff adalah kondisi di mana suatu hero mendapatkan status tambahan atau kemampuan dari hero tersebut ditingkatkan.

Sedangkan Nerf adalah kebalikan dari Buff yang berarti status atau kemampuan dari suatu hero diturunkan untuk menjaga keseruan dalam bermainan.

Buff dan Nerf terhadap suatu hero biasanya akan diinformasikan saat ada Patch terbaru. Jadi kamu harus rutin-rutin cek informasi Buff dan Nerf suatu saat ada Patch baru ya!

4. CD

Istilah selanjutnya yang sering didengar di dalam permainan adalah CD. CD merupakan singkatan dari Cooldown.

Cooldown berarti waktu jeda sebelum menggunakan skill atau item di dalam game.

5. Roaming

Roaming secara garis besar memiliki arti untuk melakukan rotasi dari lane satu ke lane lainnya untuk membantu rekan satu tim.

Saat ini memang ada role Roamer yang biasanya diisi oleh hero-hero yang punya kemampuan untuk melakukan rotasi dengan cepat.

Tugas seorang Roamer tidak hanya membantu rekan tim di lane lain, tapi juga bertugas untuk membuka map agar bisa memberikan informasi di mana posisi lawan berada.

6. Feeder

Feeder adalah istilah untuk anggota tim yang sering dikalahkan oleh lawan.

Tentunya hal itu dalam konotasi negatif, karena seorang Feeder memberi kesempatan musuh untuk berkembang melalui torehan Gold dari Kill atau Assist yang mereka dapatkan.

7. Ganking dan War

Ganking dan War adalah dua istilah yang berbeda. Ganking lebih kepada inisiasi untuk menghabisi musuh yang tidak dikawal oleh hero Support/hero Tank lawan atau sedang sendirian secara bersama-sama.

Sedangkan War adalah kondisi di mana ketika tim kamu dan tim lawan saling bertempur untuk memenangkan permainan.

Tentunya ada banyak faktor yang bisa menentukan kemenangan saat melakukan war, misalnya seperti timing, kelengkapan item, kekompakan, dan lain sebagainya.

8. Zoning

Pernah dengan istilah Zoning? Zoning adalah istilah saat seorang player berusaha untuk menghalangi hero lawan agar tidak mendekat.

Zoning juga bisa dilakukan untuk mengganggu hero hyper musuh yang sedang Farming.

Tentu gak semua hero bisa melakukan Zoning. Dibutuhkan hero yang bisa mencicil lawan dan memiliki skill escape yang sangat baik untuk bisa melakukan zoning.

9. Bait

Bait merupakan istilah untuk memancing musuh keluar dari strategi yang mereka jalankan.

Misalnya saat musuh dalam keadaan kalah dan bermain bertahan, kamu bisa melakukan bait agar lawan keluar dari pertahanan mereka.

Dan jika bait kamu berhasil, tentunya akan mempermudah anggota tim kamu yang lainnya untuk menghabisi lawan yang terpancing

Sama seperti melakukan zoning, tidak semua hero bisa digunakan untuk melakukan Bait. Biasanya dibutuhkan hero-hero kuat seperti hero Fighter yang memiliki skill escape cukup tinggi.

10. Early, Mid, dan Late Game

Description
Di dalam pertandingan, ada beberapa fase atau waktu permainan, yaitu Early, Mid, dan Late Game.

Menit 1-5 merupakan fase Early Game, biasanya player masih melakukan farming untuk mengumpulkan item.

Menit 5-12 merupakan fase Mid Game. Teamfight hingga Ganking mulai terjadi, outer turret juga mulai dihancurkan.

Menit 12 ke atas merupakan fase Late Game. Biasanya item-item yang dibutuhkan sudah mulai lengkap, sangat dibutuhkan strategi yang tepat dan harus meminimilasir kesalahan agar tidak mengalami kekalahan.

11. POKE

Poke adalah istilah untuk mencicil HP lawan. Biasanya hero poke memiliki cooldown skill yang singkat seperti hero-hero Mage.

12. NF, NR, dan NM

NF merupakan singkatan dari No Flicker, NR merupakan singkatan dari No Retry, dan NM adalah singkatan dari No Mana.

Biasanya istilah tersebut merupakan kode yang diinformasikan untuk rekan satu tim.

13. TB

TB adalah singkatan dari Tahan Badan. Biasanya istilah ini merupakan perintah kepada rekan satu tim yang memiliki HP atau pertahanan lebih kuat untuk menjadi perisai bagi anggota tim.

14. OP

OP adalah singkatan dari Overpower, biasanya diberikan kepada suatu hero yang punya kemampuan sangat kuat di dalam permainan.

15. KDA

Description
KDA merupakan istilah dari Kill, Death, dan Assist yang kamu peroleh di dalam permainan.

KDA sendiri juga bisa mempengaruhi hasil untuk mendapatkan MVP setelah selesai permainan.

16. GG

GG adalah singkatan yang artinya adalah Good Game. GG biasanya digunakan pada akhir permainan yang menandakan bahwa permainan tersebut menyenangkan dan memuji lawan.

17. EZ

Pernah dengar istilah EZ? EZ adalah kependekan atau slang dari Easy atau mudah. Istilah ini cenderung memiliki arti meremehkan lawan.

18. KS

KS adalah singkatan dari Kill Steal yang memiliki arti mencuri kill milik anggota tim.

19. Req

Pada saat fase Ban dan Pick, biasanya ada player yang menyebutkan kalimat "Req". Apa itu Req? Req adalah singkatan dari Request yang berarti menyuruh rekan tim yang lain untuk meminta menggunakan hero yang mereka ingin gunakan.

20. WR

WR adalah singkatan untuk Win Rate. Bisa untuk Win Rate hero atau Win Rate pertandingan. Semakin tinggi Win Rate-nya, maka bisa dibilang semakin jago juga orang tersebut.

21. Offside

Offside adalah istilah yang di ambil dari game Sepak Bola yang memiliki arti hero yang dimainkan dalam posisi yang tidak tepat, misalnya terlalu maju atau dekat dengan lawan.

Nah, itulah beberapa istilah di Mobile Legends yang harus kamu ketahui.

Oh iya, untuk kamu yang mau top up diamond Mobile Legends, bisa lakukan top up diamond Mobile Legends di UPOINT.ID ya.

Jangan lupa juga untuk follow Instagram UPOINT.ID dan Subscribe channel YouTube UPoint eSports untuk mendapatkan info dan promo terbaru lainnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Trending Topics

CASHBACK 12RB Coin GoPay Khusus Buat Kamu yang Top Up Game Apapun di UPOINT.ID!

>

01 Mei 2024

Point Blank Hadirkan Kembali Weapon Point Kriss S.V Batik Bersamaan dengan Weapon Baru XM7 G!

>

03 Mei 2024