Cara Mengatasi Kecanduan Bermain Game yang Wajib Diketahui

 Artikel

 Hot

Cara Mengatasi Kecanduan Bermain Game yang Wajib Diketahui

25 September 2019 | by Tim Editorial

Kini sudah banyak jenis game yang bisa kamu mainkan baik itu di perangkat mobile, PC maupun perangkat lainnya. Selain itu juga kamu bisa mendapatkan dampak positif dari bermain game asalkan kamu durasi waktu yang tepat untuk bermain game.

Jika tidak, kamu bisa menjadi seorang yang kecanduan bermain game. Seperti yang kita tau bahwa ada banyak sekali akibat yang dihasilkan ketika sudah kecanduan bermain game bahkan ada yang bisa terkena gangguan jiwa.

Duh jangan sampai hal tersebut menimpa kamu. Namun bagaimana jika sudah kecanduan bermain game? Tenang saja, ada sebuah cara mengatasi kecanduan yang harus kamu ketahui. Maka dari itu kamu harus simak artikel ini sampai habis ya.

Baca Juga: Bahaya Bermain Game Terlalu Lama, Bisa Sampai Tewas!

Berikut Cara Atasi Kecanduan Bermain Game yang Wajib Diketahui

Sebelum kita memberikan cara mengatasi kecanduan bermain game, ada sesuatu hal penting yang ingin kita sampaikan. Khusus buat kamu para pemain Free Fire, pada bulan september ini Upoint.id mengadakan promo besar-besaran loh.

Promo tersebut antara lain:

Jadi ayo buruan ikutan promo menarik dari Upoint.id, jangan sampai ketinggalan. Nah, bagi kamu yang sudah penasaran dengan mengatasi kecanduan bermain game, dapat melihat di bawah ini ya.

1. Lakukan Banyak Aktivitas di Luar


Cara pertama kamu bisa melakukan banyak aktivitas di luar untuk dapat mengatasi kecanduan bermain game. Setiap orang pasti memiliki aktivitas di luar dengan jumlah yang berbeda-beda, ada yang banyak ada juga yang sedikit.

Biasanya orang yang sudah kecanduan bermain game, itu memiliki aktivitas luar yang sedikit dan sering melakukan aktivitas bermain game. Nah, untuk itu harus mengurangi aktivitas bermain game dengan melakukan banyak hal aktivitas di luar.

Aktivitas di luar ini bisa seperti berolahraga, berjalan santai, berkumpul dengan teman-teman/keluarga maupun melakukan traveling ke luar kota untuk menikmati dunia luar.

2. Buat Batasan Waktu Bermain Game


Selanjutnya kamu harus membuat batasan waktu bermain game. Orang yang sudah kecanduan bermain game, biasanya memiliki durasi bermain game yang sangat lama bahkan ada yang bisa bermain seharian penuh.

Bagi orang yang ingin berhenti dari kecanduan bermain game. Langkah yang tepat adalah membuat batasan waktu bermain game. Setelah selesai bermain game, lakukan kegiatan lain atau juga bisa beristirahat.

3. Jauhkan Semua yang Berhubungan dengan Game


Selanjutnya menjauhkan semua yang berhubungan dengan game dari orang yang sudah kecanduan bermain game. Di setiap tempat akan menemukan orang yang sedang bermain game maupun sesuatu yang masih berhubungan dengan game.

Hal tersebut dapat memicu seseorang yang sudah kecanduan bermain game untuk bermain juga. Nah, untuk mengatasinya coba meminta tolong terhadap teman-temannya agar menjauhkan atau untuk mengingatkan agar tidak bermain game kembali.

4. Terapi Kognitif


Selanjutnya coba mengikuti terapi kognitif. Terapi ini sangat ideal dilakukan untuk seseorang yang sudah kecanduan bermain game. Terapi ini akan membuat pikiran seseorang pecandu bermain game berubah ke arah pada perbuatan kompulsif.

Terapi Kognitif dapat memungkinkan para pecandu game untuk merubah pikiran, perasaan serta perilaku baik lainnya. Terapi Kognitif bisa kamu lakukan pada rumah sakit yang terdapat dokter psikologi.

5. Terapi Wilderness


Selanjutnya mengikuti terapi wilderness. Terapi ini akan mengajak para pecandu game untuk menghabiskan waktu di luar ruangan sehingga terapi ini sangat berpengaruh sekali untuk menghilangkan kecanduan dari bermain game.

Terapi Wilderness memiliki tujuan untuk menjauhkan orang tersebut dari berbagai hal yang menyangkut dari game. Para pecandu game akan di tempatkan pada dunia luar modern dan bisa mempelajari sehingga diharapkan dapat membuatnya merasa nyaman.

6. Ikut Rehabilitasi


Cara terakhir dengan mengikuti rehabilitasi. Mungkin sebagian orang sudah tidak asing dengan terapi rehabilitasi. Terapi ini akan memungkinkan seorang tersebut untuk tinggal pada rawat inap dan melakukan kegiatan positif.

Tidak hanya itu saja, orang yang berada di rehabilitasi juga akan diberikan sebuah motivasi atau pengarahan agar dapat menjauhi dari hal yang membuatnya menjadi kecanduan, termasuk dengan kecanduan bermain game.

Artikel Menarik Lainnya:

Trending Topics

Bonus Diamonds Free Fire Khusus Kamu yang Top Up Free Fire Pakai Telkomsel di UPOINT.ID

>

02 Maret 2024

CASHBACK 12 Ribu Dengan Top Up Game Favoritmu di UPOINT.ID Menggunakan GoPay!

>

01 Maret 2024

Dapatkan Bonus Spesial Ramadhan Diamonds Mobile Legends Saat Top Up dengan Pulsa XL di UPOINT.ID!

>

15 Maret 2024

JV E-Sport Raih Predikat “Team with Most Kills” di Challenge Final Snapdragon Mobile Free Fire Season 3

>

15 Maret 2024

Bonus Diamond MLBB Spesial Ramadhan Buat Kamu Khusus Pengguna Telkomsel!

>

15 Maret 2024

Related Topics

Cashback Seru! Beli Game di UPOINT.ID Pakai ShopeePay, Dapetin Koin Shopee sampai 12RB!

>

25 Maret 2024

CASHBACK 10RB Khusus Kamu yang Top Up Game Apapun Pakai LinkAja!

>

20 Maret 2024

CASHBACK 10RB Khusus Kamu yang Top Up Game Apapun Pakai LinkAja!

>

20 Maret 2024

Gampang Banget! Ini Cara Menukarkan Redeem Code Call of Duty Mobile

>

15 Maret 2024

Jakarta Ditunjuk WCG Festival Menjadi Tuan Rumah Turnamen World Cyber Games 2024

>

15 Maret 2024