5 Bahaya Bermain Game Terlalu Lama, Bisa Sampai Tewas!

 Artikel

 Hot

5 Bahaya Bermain Game Terlalu Lama, Bisa Sampai Tewas!

20 September 2019 | by Tim Editorial

Bermain game itu akan membuat semua orang menjadi lupa dengan waktu. Terlebih lagi jika game yang dimainkan sangat seru, dijamin kamu bisa bermain game hingga seharian loh. Memang sekarang banyak jenis-jenis game yang bisa kamu mainkan.

Terlebih ada game yang menghasilkan uang ketika kamu memainkannya. Selain itu juga bermain game bisa kamu lakukan ketika ingin mengisi waktu luang atau untuk meningkatkan suasana hati.

Akan tetapi ketika kamu bermain game, kamu harus tau waktu berapa lama durasi bermain game yang tepat. Karena bermain game terlalu lama, itu berbahaya ada yang bisa sampai tewas. Nah, bagi kamu yang mau tau dengan efek bermain game terlalu lama. Kamu bisa simak artikel ini sampai habis ya.

Baca Juga: Bermain Game Bisa Pintar? Berikut Dampak Positif Bermain Game

Awas Bisa Tewas! Bahaya Bermain Game yang Terlalu Lama

Bermain game dengan durasi yang sangat lama itu akan berdampak buruk bagi tubuh. Selain itu juga bisa membuat gangguan jiwa jika sudah kecanduan bermain game. Bermain game memang sangat diperlukan untuk mengisi waktu luang atau lainnya.

Namun, tetap saja masih dalam batas yang wajar. Karena jika sudah terlalu lama alias over itu akan berdampak buruk bahkan bisa membuat kamu tewas. Daripada penasaran lagi dengan efek berbahaya bermain game terlalu lama, kamu bisa lihat di bawah ini ya.

1. Kecanduan Bermain Game


Terlalu lama bermain game sudah pasti akan membuat seseorang tersebut menjadi kecanduan. Hal ini sudah pasti akan terjadi ketika bermain game berjam-jam maupun hingga seharian penuh.

Kecanduan ini juga bisa membuat seseorang tersebut menjadi pengkhayal yang akan selalu memikirkan game tersebut dan tidak bisa jauh dari game tersebut. Hal ini masih bisa diatasi dengan membatasi waktu bermain game serta melakukan kegiatan positif lainnya.

2. Epilepsi


Epilepsi adalah sebuah gangguan yang terjadi pada otak sehingga membuat orang tersebut mengalami kejang-kejang/ayan hingga kehilangan kesadaran. Hal tersebut bisa kamu dapatkan ketika bermain game terlalu lama loh.

Bermain game yang terlalu lama akan menyebabkan pola aktivitas listrik menjadi tidak normal. Itu dikarenakan otak akan selalu bekerja untuk memikirkan cara bermain game tersebut tanpa adanya istirahat sejenak.

3. Mata Menjadi Merah


Bermain game terlalu lama juga bisa membuat mata menjadi merah. Itu dikarenakan kamu harus menatap layar dari komputer atau smartphone seharian sehingga membuat mata menjadi kering. Tidak hanya itu saja, mata juga bisa menjadi keram, sakit bahkan juga bisa menjadi buta.

4. Kerusakan Pada Tulang Punggung


Ketika bermain game, harus menentukan terlebih dahulu posisi terbaik untuk bermain. Semakin nyaman posisi duduk, maka semakin nyaman juga kita bermain game begitupun sebaliknya.

Sayangnya, jika kamu bermain game terlalu lama itu bisa membuat kerusakan pada tulang punggung loh. Itu bisa terjadi karena tulang punggung akan menahan postur tubuh lebih lama dan jika terus terjadi, itu bisa menyebabkan kerusakan pada tulang punggung tersebut.

5. Gagal Jantung


Mungkin ini yang paling fatal untuk kamu yang sering bermain game terlalu lama bisa terkena gagal jantung. Seperti yang kita tau bahwa gagal jantung merupakan melemahnya pemompa jantung sehingga aliran darah tidak dapat mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan baik.

Selain itu juga gagal jantung bisa terjadi karena kurangnya pergerakan alias olahraga. Jadi buat kamu jangan sampai bermain game terlalu lama dan selalu ingat untuk melakukan olahraga.

Nah, itu dia beberapa efek yang terjadi ketika bermain game terlalu lama. Gimana, apa masih yakin untuk bermain game terlalu lama? Jika kamu masih sayang dengan tubuh. Kamu harus mengurangi jam bermain game serta sering-sering melakukan olahraga ya.

Artikel Menarik Lainnya:

Trending Topics

Cashback Mantul! Beli Diamonds MLBB, Dapat Bonus Diamonds dan Kuota 2GB Tri di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

PROMO Spesial Ramadhan! Beli Diamonds Free Fire Dapat Bonus 50 Diamonds Plus Kuota 2GB Tri di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

BONUS Seru Banget! Dapetin Bonus 3 Diamonds & 2GB Kuota IM3 Saat Beli Diamonds Mobile Legends di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

Promo Spesial Ramadhan! Dapetin Cashback Langsung dengan ShopeePay di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

PROMO LEBARAN! Bonus Diamonds dan Kuota buat Kamu yang Top Up Free Fire pakai Smartfren di UPOINT.ID!

>

12 April 2024

Related Topics

Top Up Game Favoritmu pakai ShopeePay di UPOINT.ID dan Dapatkan Cashback 12RB Koin Shopee!

>

25 April 2024

Seru Banget! Beli 140 Diamonds Free Fire, Dapat Bonus 5 Diamonds Plus Kuota 2GB IM3 hanya di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

PROMO Spesial Ramadhan! Beli Diamonds Free Fire Dapat Bonus 50 Diamonds Plus Kuota 2GB Tri di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

Cashback Seru! Beli Game di UPOINT.ID Pakai ShopeePay, Dapetin Koin Shopee sampai 12RB!

>

25 Maret 2024

Cashback Seru! Beli Game di UPOINT.ID Pakai ShopeePay, Dapetin Koin Shopee sampai 12RB!

>

25 Maret 2024