9 Tips Sehat Bermain Game Agar Tidak Mudah Sakit!

 Artikel

 Hot

9 Tips Sehat Bermain Game Agar Tidak Mudah Sakit!

06 September 2019 | by Tim Editorial

Bermain game baik itu menggunakan smartphone, PC, konsol game maupun lainnya. Itu akan membuat siapa saja menjadi lupa waktu. Apalagi jika dimainkan secara bersama teman maupun game tersebut sangat seru, pasti enggan untuk berhenti.

Jika dimainkan secara teratur atau secara bijak, ada sebuah dampak positif yang didapatkan ketika bermain game. Namun, berbeda lagi jika kamu main secara brutal atau terus menerus tanpa henti, itu membuat kamu menerima dampak negatifnya seperti mudah sakit karena kelelahan.

Selain itu juga ada beberapa tips sehat bermain game yang harus kamu ketahui. Tips sehat ini akan membuat kamu bisa bermain game tanpa khawatir terkena penyakit. Nah, mau tau dengan tips sehat tersebut? Yuk simak artikel ini sampai habis ya.

Baca Juga: Durasi Waktu Paling Tepat untuk Bermain Game

Wajib Tau! Tips Sehat Bermain Game Agar Tidak Mudah Sakit

Bagi para gamer (para pecinta game) wajib banget tau tips sehat ini. Bermain game akan membuat siapa saja menjadi lupa waktu, sehingga membuatnya terlalu asyik bermain game dan itu bisa membuatnya menjadi sakit. Langsung aja perhatikan tips sehat bermain game di bawah ini ya.

1. Membatasi Bermain Game


Tips pertama adalah membatasi bermain game. Yaps, mungkin ini yang harus kamu perhatikan saat bermain game. Kamu harus membatasi bermain game agar badan maupun mata bisa beristirahat.

Untuk bisa membatasi bermain game tersebut, kamu bisa menggunakan jam weker maupun dengan alarm HP. Ketika alarm sudah berbunyi, maka kamu harus berhenti untuk bermain game. Coba istirahatkan atau lakukan kegiatan lainnya.

2. Jangan Memainkan Game yang Sulit


Selanjutnya adalah jangan memainkan game yang sangat sulit. Ada banyak sekali jenis-jenis game yang bisa kamu mainkan, game tersebut juga ada yang mudah dimainkan maupun sulit. 

Nah, tips sehat bermain game dari kita adalah coba bermain game yang mudah. Bermain game yang sulit akan membuat kamu harus berfikir untuk menyelesaikan dan jika tidak bisa kamu temukan jalan keluarnya kamu akan merasakan pusing atau frustasi.

Berbeda lagi jika bermain game yang mudah. Bermain game yang mudah akan bisa kamu selesaikan tanpa harus berpikir panjang seperti bermain game yang sulit.

3. Sesering Mungkin Beristirahat


Selanjutnya adalah coba sesering mungkin melakukan istirahat. Beristirahat merupakan kegiatan yang harus dilakukan di setiap kegiatan termasuk dengan bermain game. Mungkin game yang kamu mainkan sangat seru sekali, tetapi kamu harus ingat untuk beristirahat.

Kamu bisa melakukan istirahat di sela-sela bermain game seperti beristirahat saat game loading atau mem-pause game sejenak dan melakukan istirahat.

4. Mengendalikan Amarah Ketika Bermain Game


Selanjutnya adalah mengendalikan amarah ketika bermain game. Bermain game bisa mengembalikan mood menjadi lebih baik. Akan tetapi ada juga kebalikannya yaitu bisa membuat mood menjadi berantakan.

Maka dari itu harus perhatikan jenis game yang kamu mainkan. Sebisa mungkin bermain game yang tidak akan memancing amarah kamu atau kendalikan amarah kamu ketika bermain game karena itu bisa berdampak buruk bagi kamu.

5. Tetap Menjaga Kebersihan


Selanjutnya adalah tetap menjaga kebersihan. Sebelum bermain game, pastikan tempat tersebut bersih dari kotoran maupun sampah, karena itu bisa menyebabkan penyakit bagi kamu.

Nah, teruntuk kamu yang suka bermain game di PC. Harus menjaga kebersihan di PC seperti debu/sampah maupun lainnya agar bebas dari penyakit, Hal ini harus sangat diperhatikan ketika sebelum bermain ya.

6. Makan dan Minum yang Sehat


Selanjutnya adalah makan dan minum yang sehat. Tidak dipungkiri bahwa ketika bermain game, pasti kita akan bermain sambil makan maupun minum. Nah, soal makanan dan minuman tersebut harus diperhatikan juga ya.

Usahakan memakan makanan dan meminum minuman yang sehat maupun bernutrisi agar kondisi tubuh tetap fit dan tidak mudah sakit.

7. Mengatur Kecerahan Layar


Selanjutnya adalah mengatur kecerahan layar. Ketika bermain game di smartphone maupun PC, itu pasti terdapat kecerahan layar. Kecerahan layar tersebut harus kamu perhatikan juga loh.

Ketika kamu bermain dengan kecerahan layar yang sangat terang, itu dapat membuat mata kamu menjadi sakit. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu kecerahan layar saat bermain game ya.

8. Melakukan Olahraga


Selanjutnya adalah tetap melakukan olahraga. Yaps, seperti yang kita tau bahwa agar tubuh tetap sehat kamu harus melakukan olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga baik itu sebelum maupun sebelum bermain game.

Akan tetapi kamu juga bisa loh melakukan olahraga saat bermain game yaitu ketika sedang game loading. Maka dari itu jangan sampai tidak melakukan olahraga ya.

9. Perhatikan Posisi Duduk yang Benar Saat Main Game


Tips terakhir adalah memperhatikan posisi duduk yang benar saat main game. Bermain game paling nyaman sambil duduk. Akan tetapi tidak sembarangan duduk ya, ada posisi duduk yang harus diperhatikan ketika bermain game.

Posisi duduk yang benar akan membuat kamu tidak mudah pegal serta tidak membuat tulang punggung bermasalah. Maka dari itu pastikan ketika kamu duduk sudah berada di posisi yang benar atau belum ya.

Nah, itu dia beberapa tips bermain game sehat yang harus kamu tau. Tips ini sangat berguna bagi kamu yang suka bermain game yang setelah itu mengalami sakit. Semoga artikel yang satu ini bermanfaat bagi kamu yang suka bermain game ya.

Trending Topics

Bonus Diamonds Free Fire Khusus Kamu yang Top Up Free Fire Pakai Telkomsel di UPOINT.ID

>

02 Maret 2024

PROMO Khusus Pengguna XL! Kamu Bisa Dapet Bonus Diamonds Free Fire dari UPOINT.ID!

>

02 Maret 2024

CASHBACK 12 Ribu Dengan Top Up Game Favoritmu di UPOINT.ID Menggunakan GoPay!

>

01 Maret 2024

Top Up Game Favoritmu pakai ShopeePay di UPOINT.ID dan Dapatkan Cashback sampai 12RB!

>

01 Maret 2024

Promo Spesial! Bonus Diamonds Mobile Legends dan Kuota Internet Tri untuk Pembelian Pulsa di UPOINT.ID dan TriStore!

>

08 Maret 2024

Related Topics

Jakarta Ditunjuk WCG Festival Menjadi Tuan Rumah Turnamen World Cyber Games 2024

>

15 Maret 2024

5 Senjata Assault Rifle Tersakit di PUBG Mobile, Auto WWCD!

>

15 Maret 2024

Daftar Lengkap Game, Roadmap, Slot Turnamen IESF WEC 2024

>

14 Maret 2024

Overpower! Tips Jago Menggunakan Hylos Terbaik di Mobile Legends

>

13 Maret 2024

Tim Free Fire yang Berhasil Melaju ke Mobile Masters ESL SPS S4

>

13 Maret 2024