Anak-anak Sering Bermain Game? Hati-hati 5 Dampak Negatif Bermain Game Bagi Anak


Kini siapa saja dapat bermain game, tidak hanya orang dewasa saja tetapi anak-anak juga dapat memainkannya. Terlebih ada banyak sekali jenis-jenis game yang dapat dimainkan untuk mengisi waktu luang maupun libur.

Tidak hanya itu saja, ada dampak positif dari bermain game. Akan tetapi kamu harus tau durasi yang tepat untuk bermain game agar tidak mengalami kecanduan. Jika sampai mengalami kecanduan bermain game, itu bisa membuat kamu gangguan jiwa loh.

Jika anak-anak bermain, itu harus diawasi. Karena ada beberapa dampak negatif bermain game bagi anak yang terlalu sering bermain. Nah, untuk itu kamu yang memiliki anak kecil harus tau dengan dampak negatif tersebut, maka dari itu kamu harus simak artikel ini sampai habis ya.

Baca Juga: 5 Game Edukasi untuk Anak-anak yang Mendidik

Hati-hati! Dampak Negatif Bermain Game Bagi Anak

Dampak negatif ini akan dirasakan ketika anak-anak terlalu sering bermain game. Untuk itu usakahan berikan batasan waktu serta pengarahan bagi anak mengenai game yang sedang ia mainkan.

1. Merusak Mata


Dampak pertama adalah anak akan mengalami merusak mata. Pancaran cahaya dari layar gadget dapat merusak mata. Itu berlaku untuk semua kalangan, semakin lama menatap layar maka akan membuat mata menjadi cepat rusak.

Untuk itu kamu harus membatasi anak-anak bermain game yang menggunakan gadget agar mata dari anak tersebut tidak cepat rusak.

2. Nilai Menurun


Selanjutnya adalah nilai akan menurun. Hal ini bisa terjadi ketika anak-anak terlalu sering bermain game. Anak-anak akan selalu memikirkan game yang ia mainkan.

Anak-anak juga akan mengalami kesulitan dalam hal mengingat mata pelajarannya, yang ada di dalam pikiran mereka hanyalah game dan ingin selalu bermain game tersebut.

3. Anak Menjadi Anti Sosial


Selanjutnya adalah anak menjadi anti sosial. Jika anak-anak terlalu sering bermain game akan membuat anak kurang melakukan interaksi dengan orang luar seperti dengan teman-temannya.

Ia hanya ingin selalu bermain game. Anak-anak yang bermain game akan merasakan lebih nyaman bermain game hingga seharian daripada harus melakukan interaksi dengan orang luar.

4. Anak Menjadi Lupa Waktu


Selanjutnya adalah anak menjadi lupa waktu. Bermain game memang akan membuat siapa saja menjadi lupa dengan waktu, termasuk dengan anak-anak sekalipun. Terlebih lagi game yang dimainkan sangat seru.

Itu bisa membuat siapa saja menjadi betah bermain game hingga seharian. Orang-orang akan menjadi lupa waktu baik itu untuk makan, beristirahat maupun melakukan olahraga. Untuk itu berikan batasan waktu pada saat bermain game.

5. Gangguan Motorik


Dampak terakhir adalah anak-anak akan mengalami gangguan motorik. Bermain game di gadget akan menjadikan anak mengalami pergerakan yang kurang banyak. Semakin lama bermain game akan membuat motorik anak menjadi kurang.

Artikel Menarik Lainnya:


Suka Artikel Ini? Silahkan Share!

News Lainnya