5 Akibat Kecanduan Bermain Game! Sampai Bisa Gangguan Jiwa!

 Artikel

 Hot

5 Akibat Kecanduan Bermain Game! Sampai Bisa Gangguan Jiwa!

10 September 2019 | by Tim Editorial

Bermain game seperti sudah menjadi kebutuhan hidup yang harus dilakukan. Seperti yang kita tau memang terdapat banyak dampak positif dari bermain game, akan tetapi itu jika kamu tau durasi waktu bermain game yang tepat.

Terlalu sering bermain game juga itu dapat memberikan efek negatif loh, apa lagi jika kamu sudah kecanduan bermain game, itu sangat berbahaya sekali kamu bisa terkena gangguan jiwa. Tidak hanya gangguan jiwa saja yang diakibatkan dari kecanduan bermain game.

Ada dampak buruk lainnya yang terdapat jika kecanduan dalam bermain game. Nah, bagi kamu yang mau tau dengan akibat dari kecanduan bermain game tersebut. Kamu bisa simak artikel yang satu ini sampai habis ya.

Baca Juga: Cara Membagi Waktu Belajar dan Bermain Game untuk Anak-anak

Waspada! Akibat Kecanduan Bermain Game, Bisa Gangguan Jiwa!

Bermain game memang sangat menyenangkan sekali dan dapat mengurangi efek stres. Tidak hanya itu saja, bermain game juga bisa meningkatkan suasana hati atau mood. Akan tetapi, bermain game itu harus sewajarnya saja.

Jika bermain game secara terus menerus itu akan menjadikan orang tersebut kecanduan bermain game. Kecanduan bermain game itu ada akibatnya, salah satunya adalah gangguan jiwa. Tidak hanya itu saja, ada beberapa akibat yang harus kamu tau jika sudah kecanduan bermain game.

1. Penurunan dalam Konsentrasi Belajar


Dampak kecanduan bermain game pertama adalah penurunan dalam konsentrasi belajar. Seseorang yang sudah kecanduan belajar, akan sulit untuk konsentrasi belajar. Itu dikarenakan yang dipikiran orang tersebut hanya game saja.

Hal ini sering dialami oleh orang yang sudah kecanduan game. Di dalam pikiran orang tersebut hanya sebuah game saja.

2. Menghambat Daya Fungsi Ingatan


Selanjutnya adalah menghambat daya fungsi ingatan. Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, kecanduan bermain game bisa menghambat daya fungsi ingatan. Itu dikarenakan, di dalam pikiran orang tersebut hanya game saja.

Menurunya daya fungsi ingatan tersebut, itu sangat berpengaruh sekali di dalam kehidupan loh. Apalagi jika kamu seorang pelajar, itu akan sangat berbahaya sekali. 

3. Penyusutan Otak/Atrofi


Selanjutnya adalah penyusutan otak/atrofi. Penyusutan otak adalah hilangnya sel otak dan sambungan antar sel otak secara berkelanjutan. Hal tersebut yang menjadikan otak menjadi menyusut atau ukuran otak yang mengecil.

Penyusutan otak tersebut akan mengakibatkan pikiran sadar (emosi, perasaan, kesadaran dan persepsi) maupun berbagai pikiran bawah sadar (menggerakan otot, pengambilan keputusan dll) menjadi terganggu.

4. Memicu Halusinasi


Selanjutnya adalah memicu halusinasi. Halusinasi atau kata lain berkhayal bisa kamu dapatkan ketika sudah kecanduan bermain game. Halusinasi tersebut akan membuat kamu ingin menjadi karakter dalam game tersebut atau lainnya yang ada di dalam game itu.

5. Gangguan Jiwa


Dampak kecanduan bermain game terakhir adalah gangguan jiwa. Orang yang bermain game ternyata juga bisa terkena gangguan jiwa. Itu dikarenakan orang tersebut tidak ingin jauh dari game yang ia mainkan.

Jika dijauhkan orang tersebut akan seperti orang 'gila' yang akan berkhayal seakan sedang bermain game. Untuk mengatasi orang yang sudah terkena gangguan jiwa tersebut, harus dibawa ke pusat rehabilitasi untuk dikembalikan seperti orang normal.

Itu dia beberapa akibat kecanduan bermain game. Apa kamu sudah mengalami di salah satu akibat tersebut? Jika sudah, usahakan mengurangi bermain game ya. Semoga artikel ini membantu para orang yang sudah kecanduan bermain game untuk mengurangi bermain game ya.

Artikel Menarik Lainnya:

Trending Topics

Cashback Mantul! Beli Diamonds MLBB, Dapat Bonus Diamonds dan Kuota 2GB Tri di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

PROMO Spesial Ramadhan! Beli Diamonds Free Fire Dapat Bonus 50 Diamonds Plus Kuota 2GB Tri di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

Seru Banget! Beli 140 Diamonds Free Fire, Dapat Bonus 5 Diamonds Plus Kuota 2GB IM3 hanya di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

BONUS Seru Banget! Dapetin Bonus 3 Diamonds & 2GB Kuota IM3 Saat Beli Diamonds Mobile Legends di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

Promo Spesial Ramadhan! Dapetin Cashback Langsung dengan ShopeePay di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

Related Topics

Seru Banget! Beli 140 Diamonds Free Fire, Dapat Bonus 5 Diamonds Plus Kuota 2GB IM3 hanya di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

PROMO Spesial Ramadhan! Beli Diamonds Free Fire Dapat Bonus 50 Diamonds Plus Kuota 2GB Tri di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

Cashback Seru! Beli Game di UPOINT.ID Pakai ShopeePay, Dapetin Koin Shopee sampai 12RB!

>

25 Maret 2024

Cashback Seru! Beli Game di UPOINT.ID Pakai ShopeePay, Dapetin Koin Shopee sampai 12RB!

>

25 Maret 2024

CASHBACK 10RB Khusus Kamu yang Top Up Game Apapun Pakai LinkAja!

>

20 Maret 2024