Pemula Wajib Tau! Mengenal Apa Itu Crowd Control di Mobile Legends

 Artikel

 Hot

Pemula Wajib Tau! Mengenal Apa Itu Crowd Control di Mobile Legends

05 November 2021 | by Contributor Upoint

Bagi pemain baru game MOBA tentu sangat asing ketika mendengar istilah Crowd Control (CC), yang sering muncul di dalam game MOBA seperti Mobile Legends. Istilah Crowd Control sangat penting untuk dipahami secara menyeluruh oleh para pemain, karena efek Crowd Control menjadi salah satu aspek permainan yang sangat tidak disukai oleh para pemain, bila terkena efek Crowd Control.

Salah satu efek Crowd Control yang sering ditemui para pemain adalah Stun, dimana ketika hero terkena Stun maka tidak akan bisa bergerak dan tidak bisa menggunakan skill dalam beberapa detik. Nah, pada kesempatan kali ini, UPoint.id ingin memberitahumu apa itu Crowd Control di Mobile Legends. Yuk, langsung saja simak artikel di bawah ini.

Penjelasan Crowd Control di Mobile Legends

Crowd Control (CC) adalah kemampuan dari hero atau item yang mampu membatasi, menghambat, menahan serangan atau mengunci pergerakan hero lawan. Peran Crowd Control sangat penting saat bermain game di Mobile Legends, karena memiliki kemampuan yang dapat diandalkan.

Dengan kemampuan Crowd Control bisa memberi dampak merepotkan bagi hero lawan dan harus dihindari, atau dengan kemampuan ini kamu bisa andalkan untuk menyerang dan menaklukan hero lawan.

Untuk hero-hero yang memiliki Crowd Control, biasanya didominasi oleh hero Tank atau hero Mage. Karena hero tersebut sangat mengandalkan skill-skill miliknya dalam suatu gameplay. Crowd Control sendiri memang memiliki banyak jenis, namun 7 dampak di bawah ini dinilai yang paling menjengkelkan dan harus dihindari.

1. Slow

Description
Sesuai dengan namanya, Slow berarti dapat memberikan efek memperlambat gerakan hero lawan. Efek ini biasanya banyak dimiliki hero yang memiliki skill Slow di game Mobile Legends. Tidak sedikit pemain yang menyepelekan jenis efek Slow dari crowd control ini. Namun efeknya tentu sangat terasa dalam pertarungan.

Hero-hero yang dikenal dengan efek Slow-nya antara lain skill 2 Estes, skill 1 dan 2 Leomord, atau skill ultimate Johnson. Dengan Skill Ulti Johnson hero lawan akan terkena Stun saat ditabrak, efek tabrakan dari hero ini dapat menghasilkan Slow dan Damage yang cukup parah.

2. Stun

Description
Stun merupakan salah satu efek Crowd Control yang sering ditemui para pemain di Mobile Legends. Stun adalah efek yang dihasilkan oleh serangan musuh dan membuat hero kamu tidak bisa bergerak untuk beberapa saat, sehingga efek ini akan sangat berguna pada saat ingin melakukan war atau Team Fight terhadap lawan.

Nah, ada banyak hero di Mobile Legends yang memiliki skill Stun, salah satunya adalah hero Atlas yang mampu menghentikan pergerakan lawan dengan skill 2 yakni, Perfect Match yang dapat membelah tubuhnya menjadi 2 dan ketika Atlas menyatukan kembali tubuhnya, maka akan memberikan efek Stun kepada hero lawan.

3. Silence

Description
Silence adalah kemampuan efek Crowd Control yang membuat skill lawan menjadi disable, dimana saat terkena efek ini, hero lawan tidak bisa mengeluarkan skill-nya. namun hero lawan tetap bisa bergerak dan hanya bisa menyerang menggunakan Basic Attack.

Hanya terdapat dua hero yang punya kemampuan efek Silence ini, dan keduanya merupakan hero Assassin, yakni Helcurt dan Natalia. Helcurt memiliki kemampuannya yang bisa menyerang lawan tanpa takut lawan tersebut menggunakan efek Silence dari skill pasif miliknya..

4. Immobilize

Description
Immobilize adalah salah satu efek Crowd Control paling menakutkan di game Mobile Legends, efek ini bisa mencegah atau menahan pergerakan lawan dengan menggunakan skill blink. Dengan Immobilize dijamin hero lawan akan sulit bergerak dan menggunakan skill miliknya.

Salah satu hero Tank yang punya kemampuan Immobilize hebat adalah Belerick, karena hero ini memiliki kemampuan Immobilize cukup lama di Mobile Legends, dengan menggunakan skill tiganya yaitu (Wrath of Dryad) Belerick bisa melemparkan tanaman rambat, dan memberikan efek Immobilize kepada semua hero lawan dikenainya selama dua detik.

5. Morph

Description
Efek Crowd Control ini dikenal sebagai transform atau hex. Lawan yang terkena efek Morph akan berubah wujud, tetapi hero lawan masih bisa bergerak saat sudah berubah wujud. Sehingga membuat korban tidak bisa mengeluarkan skill atau menyerang.

Di Mobile Legends, hanya satu hero yang punya kemampuan Morph yakni, Nana, Ketika hero ini mengeluarkan skill 2-nya, target akan berubah menjadi kelinci saat terkena skill miliknya. Membuat skill Morph menjadi efek Crowd Control yang sangat menyebalkan jika terkena efek Morph.

6. Knock Up

Description
Sesuai dengan namanya, Knock Up adalah memberikan efek Airborne atau membuat hero lawan melayang di udara dan membuat mereka tidak dapat bergerak atau menyerang selama beberapa waktu.

Salah satu hero Fighter yang memiliki efek Knock Up adalah Jawhead. Hero ini bisa melempar lawan ke arah anggota tim yang sudah menunggu untuk melakukan gank atau melemparnya untuk menjauhi lawan yang berusaha mengejar.

7. Suppress

Description
Masih ada efek Stun atau disable yang jauh lebih berbahaya dari jenis Crowd Control sebelumnya, yakni *Suppress. Cara kerjanya tak jauh berbeda dengan Stun. Lawan yang terkena efek Suppress akan benar-benar dibuat tidak bisa bergerak.

Efek ini berada di peringkat pertama dan paling menjengkelkan. Karena efek Suppress tidak bisa dibatalkan oleh spell atau skill apapun termasuk Purify sama sekali tak mampu menahan efek Suppress ini. Hero-hero yang memiliki kemampuan Suppress antara lain adalah Barats, Franco dan Kaja.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu Crowd Control dan beberapa jenis Crowd Control yang wajib diketahui untuk para pemain game MOBA. Semoga bermanfaat! Oh iya, jika kamu ingin top up diamond Mobile Legends, bisa langsung top up diamond Mobile Legends di UPoint.id.

Jangan lupa Follow Instagram UPoint.id dan Subscribe YouTube Channel UPoint eSport agar bisa mendapatkan informasi terbaru seputar dunia game dan eSport.

KAMU JUGA BISA BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Trending Topics

Cashback Mantul! Beli Diamonds MLBB, Dapat Bonus Diamonds dan Kuota 2GB Tri di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

PROMO Spesial Ramadhan! Beli Diamonds Free Fire Dapat Bonus 50 Diamonds Plus Kuota 2GB Tri di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

Seru Banget! Beli 140 Diamonds Free Fire, Dapat Bonus 5 Diamonds Plus Kuota 2GB IM3 hanya di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

BONUS Seru Banget! Dapetin Bonus 3 Diamonds & 2GB Kuota IM3 Saat Beli Diamonds Mobile Legends di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

Promo Spesial Ramadhan! Dapetin Cashback Langsung dengan ShopeePay di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

Related Topics

Kuat Banget! Ini 5 Hero Anti Crowd Control Terbaik Mobile Legends

>

14 April 2022