Jangan Bingung! Ini Perbedaan MPL dan MDL yang Harus Kamu Tau!

 Artikel

 Hot

Jangan Bingung! Ini Perbedaan MPL dan MDL yang Harus Kamu Tau!

03 September 2022 | by Contributor Upoint

MPL dan MDL adalah salah satu event turnamen yang diselenggarakan oleh Mobile Legends di Indonesia. Pastinya setiap player Mobile Legends tidak sabar untuk menantikan kompetisi kelas atas ini, bukan? Namun sayangnya, masih banyak player yang belum tau apa perbedaan antara MPL dan MDL.

Padahal kedua kompetisi tersebut sangatlah berbeda. Nah, buat kamu yang belum tau perbedaan antara MPL dan MDL, berikut ini UPOINT.ID rangkum beberapa perbedaan dari kedua kompetisi Mobile Legends tersebut.

Perbedaan MPL dan MDL

1. Perbedaan Kelas

Description
Perbedaan utama antara MPL dan MDL terletak pada tingkatan atau kasta kelasnya. Sesuai dengan namanya, MPL (Mobile Legends: Bang Bang Professional League) adalah turnamen resmi Mobile Legends tingkat pertama di Indonesia yang diikuti oleh tim dan pemain profesional.

Sedangkan MDL (Mobile Legends: Bang Bang Development League) merupakan turnamen resmi tingkat ke-2 di Indonesia setelah MPL. MDL juga dikategorikan sebagai turnamen semi-pro yang merupakan tempat untuk berkembang dan mencari talent atau pemain baru.

Meski kelasnya berada di bawah MPL, bukan berarti MDL diremehkan ya. Justru banyak orang-orang yang menantikan kompetisi MDL karena tentunya ada banyak player baru dengan kemampuan baru yang bisa tampil di turnamen ini. Bahkan tidak jarang pula tim-tim MPL yang mencari bibit player baru di turnamen MDL.

2. Banyaknya Jumlah Peserta

Description
Jumlah peserta di turnamen MPL dan MDL pun berbeda. Di MPL saat ini, hanya ada 8 tim yang bertanding untuk memperebutkan juara.

Hal itu juga karena untuk MPL Indonesia mengambil format Franchise League. Franchise League merupakan format liga di mana setiap tim yang ingin ikut bertanding harus melakukan investasi dalam jumlah tertentu.

Sedangkan di MDL terdapat 14 tim peserta. Untuk masuk MDL, ada 5 tim undangan yang nantinya disaring lewat MDL Play In untuk menentukan 2 tim yang akan lolos.

Nantinya, 2 tim yang lolos dari MDL Play In tersebut akan bertarung dengan 12 tim MDL Indonesia season sebelumnya, dimana 8 tim di antaranya merupakan tim junior finalis MPL untuk memenangkan turnamen.

3. Sistem MPL dan MDL

Description
Perbedaan MPL dengan MDL selanjutnya adalah pada sistem yang berjalan. Sistem liga Regular Season di MDL hanya berlangsung selama 6 minggu, sedangkan untuk Regular Season di MPL berlangsung lebih lama, yaitu selama 8 minggu.

Selain itu, perubahan peraturan dan sistem turnamen baru akan diuji coba terlebih dahulu pada MDL. Jika perubahan atau sistem baru tersebut berhasil di MDL, baru akan diterapkan di MPL.

4. Hadiah

Description
Perbedaan utama antara MPL dan MDL selanjutnya terletak pada hadiah atau prize pool untuk para pemenangnya. Sebagai turnamen tingkat atas, MPL memiliki prize pool yang lebih tinggi dibandingkan MDL.

Untuk turnamen MPL, Moonton menjanjikan hadiah senilai US$300.000 atau setara dengan Rp4,5 miliar. Sedangkan untuk turnamen MDL, hadiah yang dijanjikan adalah senilai US$20.000 atau setara dengan Rp300 Juta.

Nah, itulah beberapa perbedaan MPL dan MDL yang harus kamu ketahui. Sekarang udah ga bingung lagi, kan?

Untuk kamu yang mau top up diamond Mobile Legends, bisa langsung top up diamond Mobile Legends di UPOINT.ID ya.

Jangan lupa juga untuk follow Instagram UPOINT.ID dan Subscribe channel YouTube UPoint eSports untuk mendapatkan info dan promo terbaru lainnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Trending Topics

Cashback Mantul! Beli Diamonds MLBB, Dapat Bonus Diamonds dan Kuota 2GB Tri di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

PROMO Spesial Ramadhan! Beli Diamonds Free Fire Dapat Bonus 50 Diamonds Plus Kuota 2GB Tri di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

BONUS Seru Banget! Dapetin Bonus 3 Diamonds & 2GB Kuota IM3 Saat Beli Diamonds Mobile Legends di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

Promo Spesial Ramadhan! Dapetin Cashback Langsung dengan ShopeePay di UPOINT.ID!

>

01 April 2024

PROMO LEBARAN! Bonus Diamonds dan Kuota buat Kamu yang Top Up Free Fire pakai Smartfren di UPOINT.ID!

>

12 April 2024

Related Topics

Sampai Kapan Veteran DEWA Watt Main MLBB? Ini Jawabannya!

>

15 Maret 2024

Didominasi Bigetron Alpha dan Alter Ego, Inilah Team of the Week di MPL Indonesia Season 13 Week 1

>

13 Maret 2024

Jadwal Pertandingan MPL ID S13 Week 2, Pembuktian Tim Terkuat RRQ Hoshi Melawan ONIC Esports!

>

13 Maret 2024

Alter Ego Raih Hasil Maksimal di MPL ID S13 Week 1

>

12 Maret 2024

Geek Fam Alami Kekalahan di Minggu Pertama MPL ID S13, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

>

11 Maret 2024